Saturday, May 22, 2010

Sop Kaki Kambing Bang Mochtar

Jl. Tanjung Duren Raya - Jakarta Barat

This used to be the best sop kaki kambing in the world. Dudung Roxy lewat dah. But now, not anymore. Terakhir kali ke sini dia udah pindah tempat agak maju dikit dari tempat biasanya. Kagetnya, yg jualan sekarang anaknya. Bang Mochtarnya? Sempet kepikiran jangan2 dia udah is dead. Jahat yah gua. Hihihi. Abisnya dia tuh gak pernah ninggalin usaha dia ke siapa pun termasuk anaknya. Kalo berhalangan pasti dia memilih untuk gak buka. Yang lebih bikin gua mikir ke situ, di depan warungnya sekarang ada foto dia, dicetak di tenda situ. Seolah2 in memoriam untuk memperingati gitu. Gak berani nanya, takut salah omong.



Kalo mengingat formasi yang dulu, dimana yang meramu bumbu si bang mochtar, anaknya yang motong2 dan si gemblung pelayannya yang melayani pembeli, banyak istimewanya nih warung. Pertama yang membedakan dari sop kaki kambing lain, potongan dagingnya gede2 per potongnya. Contohnya, kalo ditempat lain kuping, mata ama pipinya dipisah2. Kalo di sini satu potong gede, jadi kayak muka kambing dibagi dua. Tentu aja harganya lebih mahal dari yang lain karena gede. Sepotong lidah kira2 Rp. 15.000,-. Pilih 3 potong aja udah bisa buat berdua. Kedua, anaknya yang tukang potong itu genius banget. Dia hapal setiap potongan yang diambil tamu2nya. Padahal tamunya banyak banget apalagi kalo weekend. Ini beneran lho, gua kalo makan di sini selalu ambil 2 lidah plus 1 kuping selalu ditagihnya Rp. 55.000,-. Tepat banget hitung2annya. Padahal gak dicatet. Ketiga, rasa kuahnya gak ada yang ngalahin. Bagi yang gak tau sop kaki kambing kuahnya bukan pake santen tapi pake susu bubuk. Sayang beribu sayang kalo bang mochtar udah tiada. Racikan anaknya kemaren jauh dari sempurna....

6 comments:

Anonymous said...

wah enak banget yah, jd pingin nih:p fr hao

elly_veryawan said...

Wah, blom pernah tuh gue maem sop kaki kambing. Gue pikir jg pake santan kaya soto suko marem gtu

phich said...

@hao : sop kaki kambing di sana kereda lah?
@el : bukan santen tapi susu...

Anonymous said...

sekarang alamat sop kambing pak muchtar di jalan tanjung duren raya no. 14A. jakarta barat.
ditungu kedatangannya ya ^^

phich said...

Iya aku dah tau...sekarang di ruko kan? Hehehe...makin rame lho...semoga sukses terus...kapan2 aku mampir lg :-)

Unknown said...

Masih enak kok kemaren ane cobain. Makan 2 potong (daging, pipi, mata jadi satu). Nasi 2 porsi. Kenyangnya sampe hari ini. Cuman kalau kuah, masih lebih hardcore Dudung yang di Jalan Biak, yg di Tj Duren beda rasanya.